411 Mahasiswa siap dalam KKN Posdaya 2013

Wednesday 16 October 2013




Bertempat di Halaman Utama Kampus Merah Putih Untag Banyuwangi, sebanyak sebanyak 411 mahasiswa dari 11 Program Studi yang ada dilingkungan Universitas 17 Agustus 1945 banyuwangi secara resmi lepas oleh Rektor Untag Banyuwangi, yang saat itu diwakili oleh Wakil rektor I, Andi Karya Catur Sukarwanto, MP (03/7).

Dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa pelaksanaan KKN tahun 2013 berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Tahun ini, pelaksanaan KKN diimplementasikan pada Pos Pemberdayaan Keluarga atau biasa disebut dengan KKN POSDAYA.

“KKN POSDAYA Tahun 2013 ini merupakan implementasi dari kerjasama antara Universitas 17 Agustus 1945 Banyuwangi dengan Yayasan Damandiri (yayasan dana sejahtera mandiri) Jakarta dan Pemerintah Daerah Kabupaten Banyuwangi, dan Baru pertama kali dilaksanakannya KKN POSDAYA ini Oleh UNTAG BANYUWANGI” jelasnya.

Beliau juga berpesan kepada seluruh Mahasiswa KKN Posdaya 2013 untuk tetap menjaga nama baik almamater selama melaksanakan pengabdian apda masyarakat.

“kami juga berpesan kepada segenap Mahasiswa KKN Posdaya Thaun 2013 yang akan melaksnakan dharma Pengabdian Kepada Masyarakat didesa – desa sasaran agar Menjaga Nama Baik Almamater, Menjaga Kerjasama antar anggota kelompok, Menjalin hubungan baik dengan perangkat desa, kecamatan, masyarakat, Jangan terlibat pada persoalan tanah dan politik dan Agar dipenuhi persayaratan administrasi KKN pada setiap kelompok yang telah ditetapkan oleh PPPM Untag Banyuwangi” tambahnya

Kuliah Kerja Nyata – Usaha adalah bagian dari sistem pendidikan tinggi yang menempatkan mahasiswa diluar kampus agar mahasiswa hidup ditengah-tengah masyarakat bersama masyarakat untuk membantu dan mendampingi masyarakat memanfaatkan potensi sumber daya alam (SDA) lokal dan sumberdaya manusia (SDM) yang ada untuk mengatasi permasalahan masyarakat dalam kurun waktu tertentu. Mengingat potensi dan permasalahan di masyarakat sangat komplek dan berubah sangat cepat, maka perlu dilakukan KKN berbasis membantu masyarakat dengan arahan fungsi keluarga atau sasaran Human Development untuk menghasilkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) atau Human Development Index (HDI) yang tinggi, atau pencapaian tujuan dan sasaran Millenium Development Goal’s (MDGs) agar masyarakat bisa melanjutkan kegiatan pembangunan yang terarah.

Untuk lebih memfokuskan tujuan dan sasaran dari KKN, berdasarkan Inpres no 3 th 1996 tentang pemberdayaan ekonomi rakyat maka pada tahun pada tahun 2013 dilakukan apa yang dinamakan dengan KKN POSDAYA, yaitu salah satu jenis KKN tematik yang bertujuan membentuk, membina dan mengembangkan Posdaya sebagai terobosan baru dalam pemberdayaan masyarakat, melalui pemanfaatan potensi SDM dan SDA lokal.

Menurut Ketua Pusat Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (PPPM) Untag Banyuwangi, Nanang Choirul H, SE.,MM menjelaskan bahwa pelaksanaan KKN Posdaya Tahun 2013 diikuti oleh sebanyak 411 Mahasiswa dari 11 Program Studi.

“Dari 411 mahasiswa kami bagi menjadi 20 kelompok yang yang disebar di 20 Desa Kelurahan dari 3 Kecamatan, yaitu Kecamatan Kabat, Glagah dan Kalipuro” jelasnya.
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Produk Unggulan Mahasiswa - Universitas 17 Agustus 1945 Banyuwangi - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Inspired by Sportapolis Shape5.com
Proudly powered by Blogger