Limbah Kertas Menjadi Uang Kertas

Thursday 17 October 2013

Dunia Kewirausahan di Kota Banyuwangi sedang mengalami perkembangan yang sangat pesat, mulai dari Pariwisata, Kuliner,  Perdagangan, transportasi maupun berbagai Kerajinan khas Kota Banyuwangi.

Mungkin banyak  orang beranggapan  bahwa sampah tidak mempunyai nilai seni tinggi, atau juga mampu untuk di  daur ulang dan dimanfaatkan untuk kerajinan tangan, aksesoris, souvenir bahkan cinderamata yang bernilai tinggi. Saya merasa terpanggil sebagai putra daerah (lare osing) yang melihat potensi pasar yang cukup baik ini untuk ikut bermain secara aktif, dengan terjun langsung sebagai wirausaha guna mengembangkan dan memajukan nama Banyuwangi sebagai Kota ramah lingkungan dan Kota Kerajinan.

Saya juga akan mendaur ulang limbah tersebut untuk bahan dan objek pembuatan sebuah kerajinan yang unik. misalnya miniatur bermacam – macam sepeda, alat musik, bale bengong, kursi goyang, becak, frame, kap lampu, dan lain sebagainya.Disisi lain kami juga ingin menciptakan sebuah lapangan pekerjaan baru dan memperkecil tingkat pengangguran di lingkungan kami, khususnya Kota Banyuwangi.


Ide usaha  berawal dari ketika saya bekerja di perusahaan swasta tepatnya di pulau Dewata Denpasar Bali, ide bukan dari pengalaman kerja melainkan karena saya merasa belum tercukupi dengan gaji menjadi seorang karyawan ( bukan berarti saya tidak bersyukur ), tapi saya berfikir sampai kapan saya jadi orang bayaran kalau tidak berwirausaha. Dari hal tersebut muncul ide bagaimana membuat suatu usaha dengan modal minim dan sedikit waktu. Singkat cerita, akhirnya saya telah menemukan inspirasi dari buku dan internet yaitu bidang usaha saya adalah dengan memanfaatkan limbah KERTAS sebagai bahan utama pembuatan kerajinan. Hanya dengan menggunakan kemauan, ketelitian, kesabaran dan waktu alhasil kertas tersebut tersulap menjadi seni kerajinan yang sudah bisa menyandang harga sesuai dengan keindahan, tingkat kesulitan dan nilai seninya.

Dengan belajar secara otodidak disela kesibukan saya mengurus perusahan orang, setiba dan sebelum berangkat kerja saya terus belajar walaupun tanpa campur tangan orang lain. Perlahan saya mempelajari dan akhirnya bisa dibilang cukup menguasai pengolahan limbah tersebut (saya sendiri yang bilang), sehingga menghasilkan beberapa model kerajinan unik dari kertas.

Keunggulan Produk :

  • Ringan
  • Unik
  • Tidakmudahpecah
  • Bernilaisenitinggi
  • Belum ada di Banyuwangi
  • Harga Terjangkau

Proses Produksi

Pertama ambil satu lembar halaman koran potong menjadi dua jika ingin ukuran sedang. Buat alat gulungan dari bambu atau sejenisnya lalu gulung kertas menggunakan bambu tersebut sehingga membentuk silinder lalu tarik bambu, buatlah beberapa sesuai kebutuhan. Langkah kedua potong sesuai kebutuhan model lalu rancang satu persatu menggunakan lem. Jika sudah terbentuk, beri warna untuk finishing nya, lalu masukkan Box mika jika memerlukan. Teknologi sementara masih manual alias hand made. Sarana komputer dan printer untuk mencetak gambar atau cetakan desain.

Untuk rekan kerja, saya memperdayakan ibu – ibu rumah tangga di sekitar rumah (sedikit mengurangi pengangguran) dan menambah pemasukan.

Sederhana tapi berkualitas…

Dengan memanfaatkan lembaran-lembaran limbah kertas saya menyulapnya menjadi lembaran uang kertas.. yuuk liat hasil produksinya ...




 

 

oleh : Deni Ari Sandi (DAS)
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Produk Unggulan Mahasiswa - Universitas 17 Agustus 1945 Banyuwangi - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Inspired by Sportapolis Shape5.com
Proudly powered by Blogger